Leave a comment

Kedudukan Hadits Shahih Muslim


Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yaitu AL JAMIUSH SHAHIH, dan telah berbeda pendapat para ulama hadits tentang keistimewaanya dengan hadits yang di tulis oleh Bukhari. Maka timbul pendapat : Manakah diantara keduanya yang lebih istimewa ? sebagian berpendapat bahwa hadits Bukhari lebih unggul tentang keshahihanya dibanding Hadits Muslim, tetapi sebagian yang lain menyatakan bahwa hadits Muslim lebih bisa mengatasi cara teknik penulisannya. Tetapi semua sepakat bahwa keduanya adalah hadits yang lebih shahih sesudah Al quran.

Seorang ulama besar yaitu Ali Annisaburi telah mendahulukan hadits Muslim dari Hadits Bukhari. Namun Imam Nawawi dan Ibnu Shaleh tetap berpendapat bahwa Hadits Bukhari dan Muslim menjadi Hadits yang lebih shahih sesudah Al Quran.

Nama asli Imam Muslim yaitu Abul Hasan Al-Hujaj-Al-Qusyairi, dilahirkan di Nisabur, Iran tahun 817 Masehi.Wafat tahun 875 Masehi. Imam Muslim ini telah keliling dunia seperti Irak, Hijaj, Syam dan Mesir dlam rangka menyelidiki dan mempelajari hadits Nabi. Hadits Muslim termasuk hadits yang berulang-ulang sebanyak 7.275 hadits, dan jika tidak diulang-ulang sebanyak 3.030 hadits.

Akhirnya kami berharap semoga ini menjadi berkah dan ada manfaatnya bagi kita dalam mengamalkan Quran. Haidts-hadits Nabi yang shahih ini adalah merupakan wahyu Illahi yang disampaikan kepada Nabi-Nya. sebab dinyatakan dalam Al Quran bahwa Nabi tidak berbicara dengan sekehendak hatinya melainkan sebagi Wahyu dari Illahi.

 " Wama yanthiqu 'anil hawa in huwa illa wahyun yuha " ( QS. An-Najm 3-4 )





Categories:

0 comments:

Post a Comment