Leave a comment

Muqodimah


      Bismillahirrohamnirrohim

Syukur Alhamdulillah kami panjatkan kehadhirat Illahi Robbi  yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayah-Nya kepada kita semua serta nikmat yang tiada hentinya, terutama nikmat Iman dan Islam juga nikmat sehat jasmani  dan rohani sehingga kita masih dierikan panjang umur hingga detik ini.

Pada kesempatan ini  ijinkanlah kami menyajikan artikel tentang “ Kumpulan Hadits Shahih Bukhari & Muslim" yang dipetik dari karya Imam besar yaitu Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Perlu diketahui bahwa kaum muslimin harus bisa memahami dua karya besar tersebut untuk dijadikan pedoman tetap dalam agamanya yang akan membawa keselamatan baginya dalam kehidupan dunia dan akherat.  Hadits-hadits nabi yang shahih tersebut dianjurkan oleh Nabi untuk diamalkan serta didakwahkan kembali kepada segenap kaum muslimin dan muslimat. Dalam hadits Nabi SAW. Bersabda :
“ Ya Allah berikanlah rahmat pada khalifah-khalifah ( pengganti) ku. Kami ( kata shahabat) betanya : Ya Rosulallah, siapakah pengganti-paenggantimu? Nabi menjawab :  Merekalah yang meriwatkan hadits-haditsku serta diajarkanya kepada manusia yang lain.” ( HR. Tabrani ) .

Dalam hadits yang lain pernah disebutkan tentang manfaatnya menyebarluaskan hadits-hadits Nabi yang shahih seperti dalm sabdanya : “ Barangsiapa yang menghidupkan sunnah ( hadits)- ku maka ia telah mencintaiku, dan barangsiapa yang mencintaiku maka ia akan bersamaku di syurga.” ( Alhadits)

Dengan demikian setiap muslim yang berusaha dengan segenap tenaganya kearah tersebarnya hadits-hadits Nabi yang disertai dengan niat ikhlas dapat diharapkan untuk mencapai ganjaran yang setimpal dari Allah SWT.


.: h72 :.

Categories:

0 comments:

Post a Comment